7 Tips menulis artikel

7 Tips Menulis Artikel Yang Menarik – Menulis artikel yang bagus dan baik di blog memang merupakan tantangan yang tidak mudah bagi seorang blogger. Sebuah artikel yang kita tulis setidaknya harus mengandung 2 elemen kunci yang bisa membuat pembaca “tergerak” atau “sudi” untuk membacanya. 2 elemen tersebut yaitu bagus dan menarik. Artikel yang bagus berarti baik secara isi dan kualitas serta dapat memberikan manfaat bagi pembacanya. Sedangkan artikel yang menarik berarti kita melihat bagaimana artikel tersebut dikemas dengan judul dan gaya bahasa yang enak dibaca dan interaktif. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa anda coba dalam membuat atau menulis sebuah artikel sehingga mampu menjadi artikel yang bagus dan menarik seperti yang saya definisikan diatas.

7 Tips Menulis Artikel Yang Baik dan Menarik

1.Bangga dengan hasil tulisan sendiri
Kenapa saya menempatkan hal ini pada urutan pertama? Karena sangat berhubungan dengan mentalitas kita sebagai seorang blogger yang ingin menjadi penulis yang baik. Baru-baru ini saya menemukan artikel saya 5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung yang dipublish ulang disebuah blog dengan judul Alasan dan Penyebab Blog Sepi Pengunjung. Pada bagian bawah artikel terdapat tulisan “Artikel ini saya kutip dari http://www.rayhanzhampiet.com/2012/05/5-penyebab-blog-sepi-pengunjung.html dengan sedikit perubahan”. Sang blogger mengatakan bahwa dia telah melakukan sedikit perubahan, tapi kalau saya baca dari awal sampai akhir artikel itu 99,99% copas !! Yang dirubah hanyalah menghapus semua internal link yang saya buat dalam artikel dan mengganti screenshot image yang saya gunakan pada artikel tersebut. Bisakah kita memiliki kebanggaan kalau kita melakukan hal seperti ini ? Saya pribadi tidak akan memiliki kebanggaan jika menjadi tukang copas, namun saya tetap akan bangga meskipun tulisan murni karya saya dikritik, dihina atau dicemooh orang lain karena saya sudah pernah mengalami sendiri diawal ngeblog konten saya disebut tidak bermutu dan konten basi !! Jadi mulailah start awal untuk menjadi seorang penulis yang bangga dengan hasil karya anda sendiri.

2.Ketahui dan pelajari bagaimana cara menemukan elemen “Bagus”
Untuk bisa membuat atau menulis artikel yang bagus dari sisi materi atau isi artikel, ada baiknya kita harus mencoba melakukan riset kecil-kecilan. Contohnya sebelum menulis artikel ini saya mencoba mengetikkan 4 phrase kata yang berbeda untuk menemukan sumber referensi tulisan. Kata kunci yang saya gunakan di Google adalah tips membuat artikel, tips menulis artikel menarik, tips menulis artikel yang bagus dan tips menulis artikel di blog. Setelah menemukan beberapa referensi kemudian saya mencoba membaca berulang-ulang, memahami apa isi tulisan dan selanjutnya mengolah kembali dari apa yang saya pahami dan menuliskannya kembali dengan bahasa dan gaya menulis sendiri sehingga akhirnya jadilah artikel yang sedang anda baca ini. Melakukan riset seperti ini penting untuk dilakukan supaya artikel yang ditulis berbobot, tidak ngawur atau asal-asalan dan isinya dapat dipertanggungjawabkan. Meskipun perlu waktu 2-3 jam untuk menulis sendiri, sekali lagi saya lebih bangga ketimbang hanya perlu waktu 2-3 menit untuk jadi tukang copas.

3.Ketahui pula bagaimana membuat artikel jadi “Menarik”
Sebuah blog laksana sebuah toko atau kios yang menjual barang-barang dagangannya. Yang kita “jual” di blog adalah konten atau artikel itu sendiri. Saya sering juga mengatakan “buatlah sebuah konten/artikel sederhana menjadi menarik untuk dibaca”. Yang saya maksud disini adalah bagaimana kita mengemas sebuah artikel sehingga orang yang baru membaca judulnya saja langsung tertarik untuk membacanya. Saya yakin kripik singkong yang dikemas dengan kemasan plastik serta diberi label atau merk dengan tulisan dan gambar yang menarik akan lebih laku ketimbang kripik singkong yang dijual hanya dengan kemasan plastik tipis transparan biasa. Ini sebuah perumpamaan atau analogi yang sama yang dapat kita terapkan dalam menuliskan sebuah artikel yang menarik. Selain mengemas artikel dengan judul-judul yang menarik, gaya bahasa penulisan juga harus diperhatikan jangan menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami. Jika anda menggunakan istilah-istilah tertentu dalam artikel, berikanlah penjelasan atau arti dari istilah tersebut sehingga tidak menimbulkan kebingungan dan tanda tanya bagi pembaca. Berikan perhatian khusus pada paragraph pertama yang anda tulis, karena paragraph awal tulisan menjadi fokus pertama pembaca sebelum dia memutuskan melanjutkan membaca atau tidak. Buatlah kegiatan menulis seperti anda sedang bercerita kepada teman atau sahabat, sehingga bahasa tulisan pun akan mengalir begitu saja dan pada akhirnya anda akan punya style menulis sendiri. Meskipun sedang memejamkan mata saat mendengar lagu PUSPA saya langsung tahu yang menyanyikannya adalah Charly ST12, saya hanya mengenali dari karakter suara yang masuk ke indera pendengaran.

4.Bahasa gambar mampu mewakili bahasa tulisan
Terkadang dalam sebuah artikel kita “diharuskan” untuk memasukkan image atau gambar supaya bisa membantu pembaca untuk lebih memahami apa yang anda tulis. Dengan demikian tujuan kita untuk membuat artikel tadi benar-benar menarik, informative dan komunikatif akan tercapai. Karena ternyata bahasa gambar mampu menjadi alat transfer ilmu yang anda sampaikan. Seperti artikel-artikel tutorial yang saya tulis, saya selalu berusaha untuk menambahkan screenshot imageuntuk memperjelas artikel yang saya tulis dengan bahasa verbal. Kalau pengunjung sudah merasa puas dengan hanya membaca artikel yang ada di blog anda, maka bukan tidak mungkin jika besok, lusa atau hari-hari lainnya pengunjung tersebut akan datang kembali meskipun hanya sekedar ngabsen doang..he he.

5.Gunakanlah pengalaman pribadi sebagai bahan tulisan
Pada kasus tertentu, menulis sebuah artikel berdasarkan pengalaman pribadi akan lebih mampu menjadi sumber data yang valid karena anda sudah pernah mengalaminya. Bahasa tulisan yang keluar dari pengalaman pribadi akan mengalir lancar dengan sendirinya. Seperti halnya saya menuliskan artikel Cara Menampilkan Rating Bintang yang berawal dari kesulitan saya dalam mempraktekkan tips tersebut dan akhirnya mampu memecahkan masalahnya sendiri. Walhasil artikel tersebut harus saya bagi dalam 2 bagian artikel saking panjangnya karena terlalu bersemangat untuk menulis ggkkk.

6.Perhatikan penataan tulisan artikel
Hal sepele yang kadang luput dari perhatian adalah perataan teks artikel. Penting sekali bagi anda untuk selalu menggunakan perataan teks justify sehingga tampilan tepi kiri dan kanan artikel terlihat rata dan rapi. Jika anda sudah familiar menggunakan bahasa HTML, gunakanlah orderlist atau unorderlist untuk teks-teks tertentu. Atau anda juga dapat menggunakan blockquote untuk menuliskan script atau tag HTML pada artikel blogging.

-tips-menulis-artikel-

7.Luangkan waktu untuk mengedit artikel
Manusia tak luput dari salah, begitu pula halnya dengan tulisan yang kita buat. Untuk itu luangkanlah sejenak waktu anda untuk memeriksa kembali paragraph atau kalimat-kalimat yang sudah anda tuliskan siapa tahu ada kesalahan. Mengedit artikel sebaiknya dilakukan sebelum mempublish artikel tersebut. Namun jika anda tidak punya banyak waktu periksalah artikel anda 1 atau 2 hari kemudian. Kesalahan-kesalahan kata atau penulisan yang tidak tepat pada paragraph awal tulisan akan berpengaruh besar pada hasil indeks artikel dan bagaimana halaman artikel tersebut ditampilkan di hasil pencarian Google.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pena Pustakawan

Heru wibowo

Komunitas Slims Kudus

Bersama Mewujudkan Perpustakaan Unggulan

%d blogger menyukai ini: